Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Madrasah Ibtidaiyah
Kelas / Semester : I
/ Genap
Alokasi waktu : 6
x 35 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
Meyakini
bahwa wudhu adalah perintah allah.
2.1 Membiasakan wudhu ketika
akan melakukan ibadah.
3.1 Memahami wudhu.
4.1 Mempresentasikan pengertian
wudhu.
C.
Indikator
1.1.1 Melakukan wudhu sebagai perintah allah
2.1.1 Melakukan wudhu ketika akan beribadah dimana saja
3.1.1 Menyebutkan rukun-rukun berwudhu dengan urut
3.1.2 Menghafalkan niat wudhu
3.1.3 Menjelaskan pengertian wudhu
4.1.1 Mepraktekkan wudhu didepan kelas
D.
Materi
pembelajaran
Berwudhu
E.
Kegiatan
pembelajaran
Pertemuan I
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
memasuki kelas dengan mengucap salam
·
Salah
satu siswa memimpin doa bersama
·
Siswa
melaporkan absensi kepada guru
·
Guru
menanyakan kabar siswa
“
apa kabar anak-anak ?”
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru dengan
“
alhamdulillah, luar biasa, allahu akbar “
·
Siswa
menjawab pertanyaan apersepsi dari guru :
a.
Siapa
disini yang sudah pernah melakukan sholat ?
b.
Ada
yang tahu apa yang kita lakukan sebelum sholat ?
c.
Mengapa
kita melakukannya ?
·
Guru
menyampaikan kepada siswa tentang materi yang akan dibahas yakni tentang wudhu
:
1.
Anak
- anak jadi hari ini kita akan membahas mengenai wudhu, dan kenapa kita harus
berwudhu
2.
Kegiatan
Inti
Ø Guru mengkondisikan siswa dengan yel yel berupa “duduk manis”
Ø Siswa menjawab yel yel guru dengan mengatakan “siap” untuk memulai
pembelajaran.
Ø Siswa membentuk menjadi 5 kelompok
Ø Masing – masing kelompok diberi gambar
Kelompok
1
Kelompok
2
Kelompok
3
Kelompok
4
Kelompok
5
Ø Siswa mengamati gambar tersebut
Ø Siswa berdiskusi dengan kelompoknya untuk mengidentifikasi mana
perbuatan yang diperintah allah dan dilarang oleh allah
Ø Siswa menjelaskan hasil diskusinya dari gambar tersebut
Ø Siswa menyimpulkan bahwa semua perbuatan baik adalah perintah allah
dan berwudhu adalah perbuatan baik dan termasuk perintah allah.
Ø Guru melanjutkan dengan sedikit ulasan materi tentang mengapa kita
harus berwudhu :
Wudhu
adalah perintah allah
Sebelum
sholat diwajibkan untuk berwudhu karena menghilangkan najis
3.
Kegiatan
Penutup
·
Siswa
dan guru melakukan tanya jawab
·
Siswa
diberi beberapa pertanyaan sebagai umpan balik oleh guru :
1.
Jadi
tadi apa yang kita lakukan sebelum sholat ?
2.
Kenapa
kita harus melakukannya ?
3.
Siapa
yang memerintahkan kita untuk berwudhu ?
·
Siswa
dan guru menyimpulkan kembali materi yang sudah dibahas.
·
Salah
satu siswa memimpin doa
·
Guru
menutup pelajaran dengan mengucap salam
Pertemuan II
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
memasuki kelas dengan mengucap salam
·
Salah
satu siswa memimpin doa bersama didepan kelas
·
Guru
mengabsen kehadiran siswa
·
Guru
menanyakan kabar siswa
“
apa kabar anak-anak ?”
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru dengan
“
alhamdulillah, luar biasa, allahu akbar “
·
Siswa
kembali diingatkan mengenai materi sebelumnya
1.
Siapa
yang masih ingat apa yang kita bahas kemarin ?
2.
Apa
yang kita lakukan sebelum sholat ?
3.
Mengapa
kita harus berwudhu ?
4.
Siapa
yang memerintahkan kita untuk berwudhu ?
5.
Sekarang
siapa yang tahu tata cara berwudhu ?
·
Guru
menyampaikan materi lanjutan yang akan dibahas
“
anak anak hari ini kita akan belajar mengenai tata cara berwudhu”
2.
Kegiatan
Inti
Ø Siswa menirukan guru bernyanyi “beginilah cara berwudhu”
Ø Siswa memperhatikan video yang diputar oleh guru tentang berwudhu
Ø
Siswa mengamati gambar yang dibawa
guru tentang wudhu
Ø Siswa menyampaikan apa yang dimaksud oleh gambar dan video
tersebut.
Ø Siswa menyebutkan satu persatu rukun wudhu atau langkah langkah
wudhu yang terdapat pada gambar atau video
Ø Siswa menuliskan kembali rukun atau langkah langkah berwudhu dengan
urut dibuku tulis
Ø Guru membetulkan tulisan siswa tentang rukun berwudhu secara
bersama sama di papan tulis
3.
Kegiatan
Penutup
·
Siswa
dan guru melakukan tanya jawab sebagai penguatan
1.
Ada
berapa rukun wudhu itu ?
2.
Siapa
yang mau mengurutkan kembali rukun – rukun wudhu ?
·
Guru
menyimpulkan pembelajaran dari awal hingga akhir
·
Salah
satu siswa memimpin doa
·
Guru
menutup kelas dengan mengucap salam
Pertemuan III
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
masuk dengan mengucapkan salam
·
Salah
satu siswa memimpin doa sebelum pembelajaran
·
Guru
menanyakan kabar siswa
“
apa kabar anak-anak ?”
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru dengan
“
alhamdulillah, luar biasa, allahu akbar “
·
Siswa
mengingat kembali topik materi yang dibahas sebelumnya.
1.
Sekarang
coba siapa yang ingat apa materi yang pernah kita bahas ?
2.
Kemarin
kita sudah membahas mengenai rukun wudhu, sekarang kita akan membahas apa
pengertian dari wudhu “
·
Guru
menyampaikan bahwa pembelajaran hari ini mengenai praktek wudhu didepan kelas.
2.
Kegiatan
Inti
Ø Guru mengkondisikan siswa dengan yel yel berupa “duduk manis”
Ø Siswa menjawab yel yel guru dengan mengatakan “siap” untuk memulai
pembelajaran
Ø Siswa membaca buku.
Ø Siswa menjelaskan secara sederhana apa yang dibaca dalam buku.
Ø Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan pengertian wudhu
Ø Siswa menuliskan niat wudhu
Ø Siswa bersama dengan guru membaca niat wudhu berulang kali
Ø Siswa secara satu persatu dibimbing guru melafalkan niat wudhu
Ø Setiap siswa menjelaskan pengertian wudhu didepan kelas dan niat
wudhu didepan kelas
Ø Siswa membentuk menjadi 7 kelompok
Ø Setiap kelompok maju bergantian mempraktekkan wudhu didepan kelas.
3.
Kegiatan
Penutup
·
Siswa
dan guru melakukan tanya jawab
“sekarang
coba apa tadi pengertian dari wudhu ?”
“siapa
yang mau membacakan niat wudhu ?”
·
Guru
menyimpulkan pembelajaran dari awal hingga akhir
·
Salah
satu siswa memimpin doa
·
Guru
menutup kelas dengan mengucap salam
F.
Penilaian
Kisi – kisi penilaian
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1.1.1
|
Melakukan wudhu sebagai perintah allah
|
TES
|
Tes tulis uraian
|
Butir soal tes tulis uraian
|
2.1.1
|
Melakukan
wudhu ketika akan beribadah dimana saja
|
NON TES
|
Proyek
|
Rubrik penilaian
|
3.1.1
|
Menyebutkan
rukun-rukun (langkah-langkah) berwudhu dengan urut
|
TES
|
Tes tulis menjodohkan
|
Butir soal menjodohkan
|
3.1.2
|
Menghafalkan
niat wudhu
|
NON TES
|
Performance
|
Rubrik penilaian
|
3.1.3
|
Menjelaskan
pengertian wudhu
|
TES
|
Tes tulis uraian
|
Butir soal uraian
|
4.1.1
|
Mempraktekkan
wudhu didepan kelas
|
Non tes
|
Performance
|
Rubrik penilaian
|
Penskoran soal
Bentuk soal
|
Nomor butir soal
|
Bobot butir soal
|
Butir soal uraian
|
1-5
|
20
|
Butir soal menjodohkan
|
1-10
|
10
|
Nilai
soal uraian
X 20 =
|
Skor
Maksimal
Nilai
soal menjodohkan
X 100 =
|
Skor
Maksimal
Rubrik Penilaian proyek
Pembiasan wudhu dirumah
No
|
Hari / tanggal
|
Dhuhur
|
Ashar
|
Maghrib
|
Isya’
|
Shubuh
|
Paraf ortu
|
|||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
|||
Kriteria penilaian :
1.
Apabila
siswa melakukan wudhu tetapi tidak niat dan kurang runtut
2.
Apabila
siswa melakukan wudhu dimulai dengan niat dan runtut
Penilaian performance di kelas
No
|
Nama
|
Kriteria
|
||||||||
Pemahaman
materi
|
Keruntutan
|
Kepercayaan
diri
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
X 100 =
|
Skor
Maksimal
Kriteria penilaian
Aspek
Yang Dinilai
|
Skor
1
|
Skor
2
|
Skor
3
|
Pemahaman
|
C
|
B
|
SB
|
Keruntutan
|
C
|
B
|
SB
|
Percaya
diri
|
C
|
B
|
SB
|
Keterangan :
C
: Belum Terlihat (apabila peserta
didik belum melihatkan tanda-tanda pemahaman materi, keruntutan berwudhu, dan
kepercayaan diri)
B : Baik (apabila peserta didik mulai melihatkan
tanta-tanda pemahaman materi, keruntutan berwudhu, kepercayaan diri, dan
peserta didik)
SB : Sangat Baik (apabila peserta didikmulai
menunjukkan tanda-tanda yang membaik pemahaman materi, keruntutan berwudhu, dan
kepercayaan diri)
G.
Media
/ alat dan sumber belajar
Media : media visual berupa gambar
Sumber belajar : buku paket pegangan siswa, buku guru, dll
Mengetahui
Guru Fiqh kelas I
Rachmatul Amaliyah EP
Lampiran
1
Materi Fiqh berwudhu
Pengertian wudhu
Secara
bahasa Wudhu artinya bersih dan indah, dan secara istilah adalah menggunakan
air pada anggota tubuh tertentu dengan cara tertentu yang dimulai dengan niat
guna menghilangkan hadast kecil.
Wudhu sebagai perintah allah
Islam
mewajibkan umatnya untuk melaksanakan wudhu sebelum sholat, hal ini sesuai
dengan perintah allah dalam Qs 5:6 artinya “hai orang – orang beriman, apabila
kamu hendak mengerjakan sholat maka basuhlah mukamu, kedua tanganmu sampai siku
dan sapulah kepalamu serta basuhlah kedua kakimu sampai mata kaki”
Niat wudhu
Niat
wudhu dilakukan bersamaan dengan membasuh muka
Rukun rukun wudhu
1.
Niat
2.
Membasuh
muka
3.
Membasuh
tangan dua sampai siku
4.
Mengusap
sebagian kepala
5.
Membasuh
kaki dua sampai mata kaki
6.
Tertib
(urut)
Sunnah sebelum wudhu
1.
Membasuh
pergelangan tangan
2.
Berkumur
3.
Membersihkan
hidung
Lampiran 2
soal
A.
Soal
Uraian
1.
Apa
yang dinamakan wudhu secara istilah ....
2.
Siapa
yang memrintahkan kita untuk berwudhu sebelum beribadah ........
3.
Mengapa
kita diwajibkan untuk berwudhu sebelum sholat ..........
4.
Apa
pengertian wudhu secara bahasa .......
5.
Tuliskan
niat wudhu ........
Jawaban :
1.
Wudhu
adalah membasuh muka dengan air pada anggota badan tertentu dengan cara
tertentu dengan niat menghilangkan hadas kecil
2.
Allah
SWT
3.
Karena
termasuk syarat syahnya sholat
4.
Bersih
dan indah
5.
Niat
wudhu
B.
Soal
menjodohkan
1
|
Membasuh muka
dan niat
|
|
2
|
Membasuh
sebagian kepala
|
|
3
|
Membasuh kaki
|
|
4
|
Mencuci
tangan (sunnah)
|
|
5
|
Berkumur
|
|
6.
|
Membasuh
kedua kaki kanan dan kiri
|
|
7.
|
Membasuh
kedua tangan kanan dan kiri
|
|
8.
|
Memasukkan
air kedalam hidung
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar