Selasa, 24 November 2015

RPP Fiqh kelas 1 tentang berwudhu



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan      : Madrasah Ibtidaiyah
Kelas / Semester          : I / Genap
Alokasi waktu             : 6 x 35 menit
A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat  bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar
1.1    Meyakini bahwa wudhu adalah perintah allah.
2.1  Membiasakan wudhu ketika akan melakukan ibadah.
3.1  Memahami wudhu.
4.1  Mempresentasikan pengertian wudhu.
C.     Indikator
1.1.1 Melakukan wudhu sebagai perintah allah  
2.1.1 Melakukan wudhu ketika akan beribadah dimana saja
3.1.1 Menyebutkan rukun-rukun berwudhu dengan urut
3.1.2 Menghafalkan niat wudhu
3.1.3 Menjelaskan pengertian wudhu
4.1.1 Mepraktekkan wudhu didepan kelas
D.    Materi pembelajaran
Berwudhu  
E.     Kegiatan pembelajaran
Pertemuan I
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Guru memasuki kelas dengan mengucap salam
·         Salah satu siswa memimpin doa bersama
·         Siswa melaporkan absensi kepada guru
·         Guru menanyakan kabar siswa
“ apa kabar anak-anak ?”
·         Siswa menjawab pertanyaan guru dengan
“ alhamdulillah, luar biasa, allahu akbar “
·         Siswa menjawab pertanyaan apersepsi dari guru :
a.       Siapa disini yang sudah pernah melakukan sholat ?
b.      Ada yang tahu apa yang kita lakukan sebelum sholat ?
c.       Mengapa kita melakukannya ?
·         Guru menyampaikan kepada siswa tentang materi yang akan dibahas yakni tentang wudhu :
1.      Anak - anak jadi hari ini kita akan membahas mengenai wudhu, dan kenapa kita harus berwudhu
2.      Kegiatan Inti
Ø  Guru mengkondisikan siswa dengan yel yel berupa “duduk manis”
Ø  Siswa menjawab yel yel guru dengan mengatakan “siap” untuk memulai pembelajaran.
Ø  Siswa membentuk menjadi 5 kelompok
Ø  Masing – masing kelompok diberi gambar
Kelompok 1
                                                        
Kelompok 2
     
Kelompok 3
           
Kelompok 4
   
Kelompok 5
     
Ø  Siswa mengamati gambar tersebut
Ø  Siswa berdiskusi dengan kelompoknya untuk mengidentifikasi mana perbuatan yang diperintah allah dan dilarang oleh allah
Ø  Siswa menjelaskan hasil diskusinya dari gambar tersebut
Ø  Siswa menyimpulkan bahwa semua perbuatan baik adalah perintah allah dan berwudhu adalah perbuatan baik dan termasuk perintah allah.
Ø  Guru melanjutkan dengan sedikit ulasan materi tentang mengapa kita harus berwudhu :
Wudhu adalah perintah allah
Sebelum sholat diwajibkan untuk berwudhu karena menghilangkan najis
3.      Kegiatan Penutup
·         Siswa dan guru melakukan tanya jawab
·         Siswa diberi beberapa pertanyaan sebagai umpan balik oleh guru :
1.      Jadi tadi apa yang kita lakukan sebelum sholat ?
2.      Kenapa kita harus melakukannya ?
3.      Siapa yang memerintahkan kita untuk berwudhu ?
·         Siswa dan guru menyimpulkan kembali materi yang sudah dibahas.
·         Salah satu siswa memimpin doa
·         Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam
Pertemuan II
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Guru memasuki kelas dengan mengucap salam
·         Salah satu siswa memimpin doa bersama didepan kelas
·         Guru mengabsen kehadiran siswa
·         Guru menanyakan kabar siswa
“ apa kabar anak-anak ?”
·         Siswa menjawab pertanyaan guru dengan
“ alhamdulillah, luar biasa, allahu akbar “
·         Siswa kembali diingatkan mengenai materi sebelumnya
1.      Siapa yang masih ingat apa yang kita bahas kemarin ?
2.      Apa yang kita lakukan sebelum sholat ?
3.      Mengapa kita harus berwudhu ?
4.      Siapa yang memerintahkan kita untuk berwudhu ?
5.      Sekarang siapa yang tahu tata cara berwudhu ?
·         Guru menyampaikan materi lanjutan yang akan dibahas
“ anak anak hari ini kita akan belajar mengenai tata cara berwudhu”
2.      Kegiatan Inti
Ø  Siswa menirukan guru bernyanyi “beginilah cara berwudhu”
Ø  Siswa memperhatikan video yang diputar oleh guru tentang berwudhu
Ø  Siswa mengamati gambar yang dibawa guru tentang wudhu







Ø  Siswa menyampaikan apa yang dimaksud oleh gambar dan video tersebut.
Ø  Siswa menyebutkan satu persatu rukun wudhu atau langkah langkah wudhu yang terdapat pada gambar atau video
Ø  Siswa menuliskan kembali rukun atau langkah langkah berwudhu dengan urut dibuku tulis
Ø  Guru membetulkan tulisan siswa tentang rukun berwudhu secara bersama sama di papan tulis
3.      Kegiatan Penutup
·         Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebagai penguatan
1.      Ada berapa rukun wudhu itu ?
2.      Siapa yang mau mengurutkan kembali rukun – rukun wudhu ?
·         Guru menyimpulkan pembelajaran dari awal hingga akhir
·         Salah satu siswa memimpin doa
·         Guru menutup kelas dengan mengucap salam
Pertemuan III
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Guru masuk dengan mengucapkan salam
·         Salah satu siswa memimpin doa sebelum pembelajaran
·         Guru menanyakan kabar siswa
“ apa kabar anak-anak ?”
·         Siswa menjawab pertanyaan guru dengan
“ alhamdulillah, luar biasa, allahu akbar “
·         Siswa mengingat kembali topik materi yang dibahas sebelumnya.
1.      Sekarang coba siapa yang ingat apa materi yang pernah kita bahas ?
2.      Kemarin kita sudah membahas mengenai rukun wudhu, sekarang kita akan membahas apa pengertian dari wudhu “
·         Guru menyampaikan bahwa pembelajaran hari ini mengenai praktek wudhu didepan kelas.
2.      Kegiatan Inti
Ø  Guru mengkondisikan siswa dengan yel yel berupa “duduk manis”
Ø  Siswa menjawab yel yel guru dengan mengatakan “siap” untuk memulai pembelajaran
Ø  Siswa membaca buku.
Ø  Siswa menjelaskan secara sederhana apa yang dibaca dalam buku.
Ø  Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan pengertian wudhu
Ø  Siswa menuliskan niat wudhu
Ø  Siswa bersama dengan guru membaca niat wudhu berulang kali
Ø  Siswa secara satu persatu dibimbing guru melafalkan niat wudhu
Ø  Setiap siswa menjelaskan pengertian wudhu didepan kelas dan niat wudhu didepan kelas
Ø  Siswa membentuk menjadi 7 kelompok
Ø  Setiap kelompok maju bergantian mempraktekkan wudhu didepan kelas.
3.      Kegiatan Penutup
·         Siswa dan guru melakukan tanya jawab
“sekarang coba apa tadi pengertian dari wudhu ?”
“siapa yang mau membacakan niat wudhu ?”
·         Guru menyimpulkan pembelajaran dari awal hingga akhir
·         Salah satu siswa memimpin doa
·         Guru menutup kelas dengan mengucap salam
F.      Penilaian
Kisi – kisi penilaian
No
Indikator
Teknik
Bentuk
Instrumen
1.1.1
Melakukan wudhu sebagai perintah allah 
TES
Tes tulis uraian
Butir soal tes tulis uraian
2.1.1
Melakukan wudhu ketika akan beribadah dimana saja

NON TES
Proyek
Rubrik penilaian
3.1.1
Menyebutkan rukun-rukun (langkah-langkah) berwudhu dengan urut

TES
Tes tulis menjodohkan  
Butir soal menjodohkan
3.1.2
Menghafalkan niat wudhu

NON TES
Performance
Rubrik penilaian
3.1.3
Menjelaskan pengertian wudhu
TES
Tes tulis uraian
Butir soal uraian
4.1.1
Mempraktekkan wudhu didepan kelas

Non tes
Performance
Rubrik penilaian

Penskoran soal
Bentuk soal
Nomor butir soal
Bobot butir soal
Butir soal uraian
1-5
20
Butir soal menjodohkan
1-10
10

Nilai soal uraian
X  20 =
Skor yang Diperoleh 
Skor Maksimal

Nilai soal menjodohkan
X  100 =
Skor yang Diperoleh 
Skor Maksimal

Rubrik Penilaian proyek
Pembiasan wudhu dirumah
No
Hari / tanggal
Dhuhur
Ashar
Maghrib
Isya’
Shubuh
Paraf ortu
1
2
1
2
1
2
1
2
1
2






















































Kriteria penilaian :
1.      Apabila siswa melakukan wudhu tetapi tidak niat dan kurang runtut
2.      Apabila siswa melakukan wudhu dimulai dengan niat dan runtut
Penilaian performance di kelas
No
Nama
Kriteria
Pemahaman materi
Keruntutan
Kepercayaan diri
1
2
3
1
2
3
1
2
3



































































X  100 =
Skor yang Diperoleh   
Skor Maksimal
Kriteria penilaian
Aspek Yang Dinilai
Skor 1
Skor 2
Skor 3
Pemahaman
C
B
SB
Keruntutan
C
B
SB
Percaya diri
C
B
SB
Keterangan :
C :      Belum Terlihat (apabila peserta didik belum melihatkan tanda-tanda pemahaman materi, keruntutan berwudhu, dan kepercayaan diri)
B        : Baik  (apabila peserta didik mulai melihatkan tanta-tanda pemahaman materi, keruntutan berwudhu, kepercayaan diri, dan peserta didik)
SB      : Sangat Baik (apabila peserta didikmulai menunjukkan tanda-tanda yang membaik pemahaman materi, keruntutan berwudhu, dan kepercayaan diri)
G.    Media / alat dan sumber belajar
Media : media visual berupa gambar
Sumber belajar : buku paket pegangan siswa, buku guru, dll

Mengetahui
Guru Fiqh kelas I


Rachmatul Amaliyah EP












Lampiran 1
Materi Fiqh berwudhu
Pengertian wudhu
Secara bahasa Wudhu artinya bersih dan indah, dan secara istilah adalah menggunakan air pada anggota tubuh tertentu dengan cara tertentu yang dimulai dengan niat guna menghilangkan hadast kecil.
Wudhu sebagai perintah allah
Islam mewajibkan umatnya untuk melaksanakan wudhu sebelum sholat, hal ini sesuai dengan perintah allah dalam Qs 5:6 artinya “hai orang – orang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat maka basuhlah mukamu, kedua tanganmu sampai siku dan sapulah kepalamu serta basuhlah kedua kakimu sampai mata kaki”
Niat wudhu
Niat wudhu dilakukan bersamaan dengan membasuh muka
Rukun rukun wudhu
1.      Niat
2.      Membasuh muka
3.      Membasuh tangan dua sampai siku
4.      Mengusap sebagian kepala
5.      Membasuh kaki dua sampai mata kaki
6.      Tertib (urut)
Sunnah sebelum wudhu
1.      Membasuh pergelangan tangan
2.      Berkumur
3.      Membersihkan hidung



Lampiran 2
soal
A.    Soal Uraian
1.      Apa yang dinamakan wudhu secara istilah ....
2.      Siapa yang memrintahkan kita untuk berwudhu sebelum beribadah ........
3.      Mengapa kita diwajibkan untuk berwudhu sebelum sholat ..........
4.      Apa pengertian wudhu secara bahasa .......
5.      Tuliskan niat wudhu ........
Jawaban :
1.      Wudhu adalah membasuh muka dengan air pada anggota badan tertentu dengan cara tertentu dengan niat menghilangkan hadas kecil
2.      Allah SWT
3.      Karena termasuk syarat syahnya sholat
4.      Bersih dan indah
5.      Niat wudhu
B.     Soal menjodohkan
1
Membasuh muka dan niat
2
Membasuh sebagian kepala
3
Membasuh kaki
4
Mencuci tangan (sunnah)
5
Berkumur
6.
Membasuh kedua kaki kanan dan kiri
7.
Membasuh kedua tangan kanan dan kiri
8.
Memasukkan air kedalam hidung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar