Rabu, 16 Desember 2015

observasi perkembangan motorik anak SD



LAPORAN OBSERVASI
 “ KEMAMPUAN MENULIS DAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DASAR (TK / SD) ”
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas perkuliahan Mata Kuliah
“Perkembangan Peserta Didik”

 









Dosen Pembimbing :
Bahri Mustofa, M.PdI

Disusun oleh:
Rachmatul Amaliyah Eka Putri          D07213028


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2014

BAB I
PENDAHULUAN
A      Latar belakang
Menulis adalah proses pengungkapan gagasan, pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan, menulis adalah salah satu aspek dari perkembangan bahasa anak usia dasar (TK/ SD) oleh karena itu, perkembangan kemampuan menulis itu sangat penting dalam proses perkembangan anak. Selain itu menulis adalah salah satu tanda atau kemampuan yang terlihat seiring dengan perkembangan motorik anak. Kemampuan menulis yang merupakan keterampilan berbahasa produktif lisan melibatkan kemampuan : penggunaan ejaan, penggunaan kosa kata, penggunaan kalimat, penggunaan jenis komposisi, penentuan ide, pengolahan ide, pengorganisasian ide. Kesemua inilah yang diukur dalam kemampuan menulis. Observasi ini dilakukan demi mengamati perkembangan kemampuan menulis anak usia dasar siring dengan perkembangan motorik anak. Observasi ini ditujukan pada anak usia TK atau SD dengan menggunakan angket penilaian.
B       Rumusan masalah
1.      Bagaimana kemampuan menulis pada anak usia dasar (TK atau SD/MI)
2.      Bagaimana perkembangan motorik pada anak usia dasar (TK atau SD/MI)
C       Tujuan
1.      Untuk mengetahui kemampuan rata-rata dalam hal menulis pada anak usia dasar (TK atau SD/MI)
2.      Untuk mengetahui perkembangan motorik pada anak usia dasar (TK atau SD/MI)






BAB II
PEMBAHASAN
A      Uraian kegiatan
a)      Mengukur kemampuan menulis anak usia dasar
Seperti dijelaskan sebelumnya dalam pendahuluan Mengukur kemampuan menulis yang merupakan keterampilan berbahasa produktif lisan melibatkan kemampuan : penggunaan ejaan, penggunaan kosa kata, penggunaan kalimat, penggunaan jenis komposisi, penentuan ide, pengolahan ide, pengorganisasian ide. Kesemua inilah yang diukur dalam kemampuan menulis. Dalam hal ini penulis menggunakan dua angket pertanyaan atau tes sederhana dalam mengukur kemampuan anak usia dasar dengan satu angket pada anak usia TK dan satu angket pada anak usia SD/MI dengan berpedoman pada tahapan menulis pada anak. Pertanyaan yang diajukan dalam angket pada anak usia TK sebagai berikut :
1)      Tulis atau gambar apa yang kamu inginkan
Pertanyaan ini ditujukan untuk mengeksplor kemampuan anak TK dengan tujuan mengukur sejauh mana anak dapat mengekspresikan gagasan atau pikirannya atau perasaannya dalam bentuk tulisan atau gambar.
2)      Tebalkan huruf di bawah ini
Pertanyaan ini untuk mengukur tahapan menulis dasar pada anak TK yaitu mengetahui garis atau bentuk khusus. Tujuannya yaitu untuk mengukur kemampuan anak TK pada tahap ini.
3)      Urutkan huruf acak di bawah ini
Pertanyaan ini ditujukan untuk memenuhi tahapan menulis selanjutnya yakni mengetahui atau latihan huruf acak. Tujuannya yaitu untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman anak atau kemampuan mengingat anak yang diekspresikan pada tulisan.
                        Untuk angket pada anak usia SD/MI juga menggunakan tes dengan pertanyaan sederhana dengan berpedoman tahapan menulis pada anak usia SD dan menggunakan ragam tes subjektif dengan menggunakan rangsangan gambar/suara untuk mengukur tingkat pemahaman, pertanyaannya sebagai berikut :
1)      Tuliskan kata-kata yang sering kamu dengar di lingkungan sekitarmu
Pertanyaan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan menulis anak SD dengan menggunakan tahapan menulis selanjutnya yakni mencontoh kata di lingkungan.
2)      Urutkan dan ceritakan gambar diatas
Pertanyaan ini juga salah satu bentuk tes menulis subjektif dengan mengekplorasi kemampuan anak dalam menuangkan idenya dengan menceritakan sebuah gambar, sejauh mana anak tersebut mampu mengolah idenya
3)      Buatlah puisi dengan tema bebas
Pertanyaan ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan anak dalam menggunakan kosakata yang baik, ejaan yang baik, dan mengelola ide yang baik.
b)      Mengukur perkembangan motorik anak usia dasar
Dalam mengukur perkembangan motorik anak digunakan juga tes subjektif seperti dalam mengukur kemampuan menulis anak, tes yang digunakan untuk anak usia TK adalah mewarnai tujuannya untuk mengukur perkembangan motorik halusnya, selain itu tes kemampuan menulis anak diatas sudah mewakili perkembangan motorik halus pada anak tersebut. Sedangkan untuk perkembangan motorik kasar hanya menggunakan pengamatan mengenai sikap, gerak, dan bagaimana cara anak memegang pensil dalam menulis
Untuk mengukur perkembangan motorik pada anak SD tidak menggunakan tes hanya pengamatan.
B       Subjek dan Objek observasi
Subjek             : Pelaku  Observasi (saya sendiri)
Objek              : beberapa siswa TK pamardisiwi dan beberapa anak usia SD
C       Tempat dan waktu
Tempat            : kondisional
Waktu             : kondisional
LAPORAN OBSERVASI
KEMAMPUAN MENULIS dan PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DASAR (TK/SD)
A      Pada anak usia TK (tes menulis)
NO
NAMA
PERTANYAAN 1
PERTANYAAN 2
PERTANYAAN 3
KETERANGAN
1
Anis
Hal yang diungkapkan dengan menggambar rumah
Mampu menebalkan semua huruf meskipun kurang rapi
Mampu mengurutkan 5 huruf acak dengan bantuan
Anak sudah mampu menulis dengan baik tetapi dalam mengurutkan huruf dibutuhkan bantuan orang lain dengan mendikte
2
Bagus
Hal yang diungkapkan dengan menggambar mobil
Mampu menebalkan semua huruf dengan baik
Mampu mengurutkan 5 huruf acak dengan baik
Anak sudah mampu menulis dengan baik meskipun butuh sedikit arahan
3
Citra
Hal yang diungkapkan dengan menulis namanya sendiri
Mampu menebalkan semua huruf dengan baik
Belum mampu jika harus mengurutkan huruf acak tetapi hafal jika diminta menulis namanya sendiri dan nama orang tua
Anak mampu menulis tetapi dalam pemahaman dengan menggunakan metode hafalan
4
Anam
Hal yang diungkapkan dengan menggambar pohon
Mampu menebalkan huruf meskipun kurang rapi dan sedikit tidak terarah
Mampu mengurutkan 5 huruf acak dengan baik
Anak mampu menulis dengan baik dan lebih mandiri karena tidak meminta bantuan orang lain
5
Firdan
Hal yang diungkapkan dengan menggambar rumah
Mampu menebalkan semua huruf tetapi kurang rapi
Mampu mengurutkan 5 huruf acak dengan baik
Anak mampu menulis dengan baik tetapi butuh waktu yang lama

B       Pada anak TK (mewarnai)
NO
NAMA
KETERANGAN
1
Anis
Dalam pemberian warna kurang sesuai seperti warna langit yang pink, dan masih kurang rapi tetapi dalam teknik mewarnai sudah benar dan sesuai dengan arahan
2
Bagus
Anak sudah mampu dalam pemberian yang warna cukup sesuai dan cukup rapi meskipun masih ada yang keluar garis
3
Citra
Masih butuh bantuan dalam mewarnai dan masih kurang sesuai dalam pemberian warna tetapi anak cukup antusias dalam mewarnai
4
Anam
Sudah mampu mewarnai dengan baik dan cukup rapi meskipun dalam pemberian warna masih kurang tepat seperti waran tanah dan langit yang diberi warna ungu
5
Firdan
Anak dalam pemberian warna masih banyak yang kurang tepat dan kurang rapi karena tipikal anak yang tergesa-gesa serta dalam teknik mewarnai juga masih kurang baik.

C       Pada anak usia SD (tes menulis)

NO
NAMA
Umur atau kelas
PERTANYAAN 1
PERTANYAAN 2
PERTANYAAN 3
KETERANGAN
1
Fatma tri safira
10 / IV
Sudah mampu menuliskan dengan baik tetapi kata yang ditulis terarah pada kegiata sehari-hari
Mampu mengurutkan gambar dan menceritakan gambar dengan baik dan bahasa yang rinci
Mampu untuk berimajinasi menuliskan puisi dengan judul kucingku
Anak sudah mampu menulis dengan baik dengan pemahaman yang baik dengan rangsangan gambar atau ide dalam pembuatan puisi
2
Ansor
9 / III
Sudah mampu menuliskan beberapa kata dengan baik tetapi kata yang dituliskan juga terarah pada benda-benda dirumah
Mampu mengurutkan cerita dengan cukup baik tetapi belum bisa menceritakan cerita tersebut dengan baik
Mampu mengekspresikan idenya dalam menuliskan puisi dengan judul adikku
Anak sudah mampu menulis dengan baik tetapi dalam pemahaman dia belum terlihat dengan baik
3
Ratna dwi astutik
12 / VI
Sudah mampu menuliskan beberapa kata dengan baik dan mulai terarah pada kata-kata yang ada dilingkungan
Mampu mengurutkan gambar dengan baik dan berbeda dengan pemikiran anak lainnya dan mampu menceritakan gambar tersebut dengan baik dan bahasa yang runtut
Mampu mengekspresikan idenya dalam puisi dengan baik
Anak sudah mampu menulis dengan baik dengan pemahaman yang lebih baik pula
4
Aiska dwi fauziyah
10 / IV
Sudah mampu menuliskan kata dengan baik meskipun kurang spesifik pada lingkungan
Mampu mengurutkan gambar dan cerita dengan baik tetapi bahasa yang digunakan terlalu singkat
Mampu untuk berimajinasi menuliskan puisi dengan judul ibu
Anak sudah mampu menulis dengan baik meskipun masih kurang dalam pemahamannya
5
Nanda suci aulia
10 / IV
Sudah mampu menuliskan kata dengan baik meskipun kurang spesifik pada lingkungan
Anak sudah mampu mengurutkan dan ceritakanan gambar dengan baik dan bahasa yang baik pula
Sudah mampu menuangkan idenya dengan menuliskan puisi yang berjudul rumahku
Anak sudah mampu menulis dengan baik dengan pemahaman yang baik pula meskipun butuh lebih banyak arahan

KESIMPULAN
A      Kemampuan menulis pada anak usia dasar (TK/SD)
Kemampuan menulis pada anak sebenarnya sudah di mulai sejak usia dini (4-5 tahun) meskipun hanya berupa goresan dan coretan tak terarah, tapi kemampuan menulis anak di ukur tidak hanya berdasarkan pada keindahan atau kemampuan menulisnya saja, melainkan pemahaman anak dalam menuliskan kata yang dia tulis. Pemahaman tersebut didapat secara bertahap sesuai dengan pekembangan usianya. Pada anak usia TK (5-6 tahun) anak mulai bisa menggunakan, memegang  pensil dengan benar, dia juga mulai memahami perintah dengan baik. Seperti dalam kegiatan observasi yang telah dilakukan pada anak TK, anak mulai terarah dalam menulis dan mulai memahami apa yang dia tulis misalnya anak disuruh menulis nama, menebalkan huruf, dan mengurutkan huruf. Kebanyakan kemampuan menulis anak dalam pemahaman dipengaruhi oleh kemampuan hafalannya karena anak hanya tahu nama huruf tersebut tetapi sulit dalam mengurutkan hurufnya. Sedangkan pada anak SD pemahamannya lebih meningkat tentang apa yang dia tulis, anak mulai memahami dan bisa mengekspresikan apa yang ingin dia tulis, anak juga bisa mengamati dan menceritakan kembali tentang gambar atau suara.
B       Perkembangan motorik pada anank usia dasar (TK/SD)
Perkembangan motorik halus pada anak TK diukur dengan menggunakan gambar untuk mereka warna. Mereka mulai bisa menyesuaikan warna misalnya warna batang pohon dengan warna coklat, warna daun hijau, dll. Meskipun terkadang dalam pemberian warna mereka juga kurang sesuai. Sedangkan perkembangan motorik untuk anak SD terlihat dari cara pemahamannya, gerak tubuhnya, dan pada anak usia SD perkembangan fisik serta pemahamannya lebih meningkat salah satu yang dapat terlihat adalah dari kemampuan menulisnya yang menunjukkan perkembangan motorik halusnya, selain itu dari gerak tubuhnya seperti melompat, berlari, dll.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar