LAPORAN OBSERVASI
“ KEMAMPUAN MENULIS DAN PERKEMBANGAN MOTORIK
ANAK USIA DASAR (TK / SD) ”
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas perkuliahan
Mata Kuliah
“Perkembangan Peserta Didik”
Dosen Pembimbing :
Bahri Mustofa, M.PdI
Disusun oleh:
Rachmatul Amaliyah Eka Putri D07213028
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN
AMPEL SURABAYA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A
Latar
belakang
Menulis adalah proses
pengungkapan gagasan, pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan, menulis adalah
salah satu aspek dari perkembangan bahasa anak usia dasar (TK/ SD) oleh karena
itu, perkembangan kemampuan menulis itu sangat penting dalam proses
perkembangan anak. Selain itu menulis adalah salah satu tanda atau kemampuan
yang terlihat seiring dengan perkembangan motorik anak. Kemampuan
menulis yang merupakan keterampilan berbahasa produktif lisan melibatkan
kemampuan : penggunaan ejaan, penggunaan kosa kata, penggunaan kalimat,
penggunaan jenis komposisi, penentuan ide, pengolahan ide, pengorganisasian
ide. Kesemua inilah yang diukur dalam kemampuan menulis. Observasi ini dilakukan demi mengamati perkembangan
kemampuan menulis anak usia dasar siring dengan perkembangan motorik anak. Observasi
ini ditujukan pada anak usia TK atau SD dengan menggunakan angket penilaian.
B
Rumusan
masalah
1.
Bagaimana
kemampuan menulis pada anak usia dasar (TK atau SD/MI)
2.
Bagaimana
perkembangan motorik pada anak usia dasar (TK atau SD/MI)
C
Tujuan
1.
Untuk
mengetahui kemampuan rata-rata dalam hal menulis pada anak usia dasar (TK atau
SD/MI)
2.
Untuk
mengetahui perkembangan motorik pada anak usia dasar (TK atau SD/MI)
BAB II
PEMBAHASAN
A
Uraian
kegiatan
a)
Mengukur
kemampuan menulis anak usia dasar
Seperti dijelaskan sebelumnya dalam pendahuluan Mengukur
kemampuan menulis yang merupakan keterampilan berbahasa
produktif lisan melibatkan kemampuan : penggunaan ejaan, penggunaan kosa kata,
penggunaan kalimat, penggunaan jenis komposisi, penentuan ide, pengolahan ide,
pengorganisasian ide. Kesemua inilah yang diukur dalam kemampuan menulis. Dalam hal ini penulis menggunakan dua angket pertanyaan
atau tes sederhana dalam mengukur kemampuan anak usia dasar dengan satu angket
pada anak usia TK dan satu angket pada anak usia SD/MI dengan berpedoman pada
tahapan menulis pada anak. Pertanyaan yang diajukan dalam angket pada anak usia
TK sebagai berikut :
1)
Tulis
atau gambar apa yang kamu inginkan
Pertanyaan
ini ditujukan untuk mengeksplor kemampuan anak TK dengan tujuan mengukur sejauh
mana anak dapat mengekspresikan gagasan atau pikirannya atau perasaannya dalam
bentuk tulisan atau gambar.
2)
Tebalkan
huruf di bawah ini
Pertanyaan
ini untuk mengukur tahapan menulis dasar pada anak TK yaitu mengetahui garis
atau bentuk khusus. Tujuannya yaitu untuk mengukur kemampuan anak TK pada tahap
ini.
3)
Urutkan
huruf acak di bawah ini
Pertanyaan
ini ditujukan untuk memenuhi tahapan menulis selanjutnya yakni mengetahui atau
latihan huruf acak. Tujuannya yaitu untuk mengukur sejauh mana tingkat
pemahaman anak atau kemampuan mengingat anak yang diekspresikan pada tulisan.
Untuk angket pada anak usia SD/MI juga menggunakan
tes dengan pertanyaan sederhana dengan berpedoman tahapan menulis pada anak
usia SD dan menggunakan ragam tes subjektif dengan menggunakan rangsangan
gambar/suara untuk mengukur tingkat pemahaman, pertanyaannya sebagai berikut :
1) Tuliskan kata-kata yang
sering kamu dengar di lingkungan sekitarmu
Pertanyaan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan
menulis anak SD dengan menggunakan tahapan menulis selanjutnya yakni mencontoh
kata di lingkungan.
2) Urutkan dan ceritakan
gambar diatas
Pertanyaan ini juga salah satu bentuk tes menulis
subjektif dengan mengekplorasi kemampuan anak dalam menuangkan idenya dengan
menceritakan sebuah gambar, sejauh mana anak tersebut mampu mengolah idenya
3) Buatlah puisi dengan
tema bebas
Pertanyaan ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi
kemampuan anak dalam menggunakan kosakata yang baik, ejaan yang baik, dan
mengelola ide yang baik.
b)
Mengukur
perkembangan motorik anak usia dasar
Dalam
mengukur perkembangan motorik anak digunakan juga tes subjektif seperti dalam
mengukur kemampuan menulis anak, tes yang digunakan untuk anak usia TK adalah
mewarnai tujuannya untuk mengukur perkembangan motorik halusnya, selain itu tes
kemampuan menulis anak diatas sudah mewakili perkembangan motorik halus pada
anak tersebut. Sedangkan untuk perkembangan motorik kasar hanya menggunakan
pengamatan mengenai sikap, gerak, dan bagaimana cara anak memegang pensil dalam
menulis
Untuk
mengukur perkembangan motorik pada anak SD tidak menggunakan tes hanya
pengamatan.
B
Subjek
dan Objek observasi
Subjek :
Pelaku Observasi (saya sendiri)
Objek :
beberapa siswa TK pamardisiwi dan beberapa anak usia SD
C
Tempat
dan waktu
Tempat :
kondisional
Waktu :
kondisional
LAPORAN
OBSERVASI
KEMAMPUAN
MENULIS dan PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DASAR (TK/SD)
A
Pada
anak usia TK (tes menulis)
NO
|
NAMA
|
PERTANYAAN 1
|
PERTANYAAN 2
|
PERTANYAAN 3
|
KETERANGAN
|
1
|
Anis
|
Hal yang diungkapkan dengan menggambar
rumah
|
Mampu menebalkan semua huruf meskipun
kurang rapi
|
Mampu mengurutkan 5 huruf acak dengan
bantuan
|
Anak sudah mampu menulis dengan baik
tetapi dalam mengurutkan huruf dibutuhkan bantuan orang lain dengan mendikte
|
2
|
Bagus
|
Hal yang diungkapkan dengan menggambar
mobil
|
Mampu menebalkan semua huruf dengan
baik
|
Mampu mengurutkan 5 huruf acak dengan baik
|
Anak sudah mampu menulis dengan baik
meskipun butuh sedikit arahan
|
3
|
Citra
|
Hal yang diungkapkan dengan menulis
namanya sendiri
|
Mampu menebalkan semua huruf dengan
baik
|
Belum mampu jika harus mengurutkan
huruf acak tetapi hafal jika diminta menulis namanya sendiri dan nama orang
tua
|
Anak mampu menulis tetapi dalam
pemahaman dengan menggunakan metode hafalan
|
4
|
Anam
|
Hal yang diungkapkan dengan menggambar
pohon
|
Mampu menebalkan huruf meskipun kurang
rapi dan sedikit tidak terarah
|
Mampu mengurutkan 5 huruf acak dengan
baik
|
Anak mampu menulis dengan baik dan
lebih mandiri karena tidak meminta bantuan orang lain
|
5
|
Firdan
|
Hal yang diungkapkan dengan menggambar
rumah
|
Mampu menebalkan semua huruf tetapi
kurang rapi
|
Mampu mengurutkan 5 huruf acak dengan
baik
|
Anak mampu menulis dengan baik tetapi
butuh waktu yang lama
|
B Pada
anak TK (mewarnai)
NO
|
NAMA
|
KETERANGAN
|
1
|
Anis
|
Dalam pemberian warna kurang sesuai
seperti warna langit yang pink, dan masih kurang rapi tetapi dalam teknik
mewarnai sudah benar dan sesuai dengan arahan
|
2
|
Bagus
|
Anak sudah mampu dalam pemberian yang
warna cukup sesuai dan cukup rapi meskipun masih ada yang keluar garis
|
3
|
Citra
|
Masih butuh bantuan dalam mewarnai dan
masih kurang sesuai dalam pemberian warna tetapi anak cukup antusias dalam
mewarnai
|
4
|
Anam
|
Sudah mampu mewarnai dengan baik dan
cukup rapi meskipun dalam pemberian warna masih kurang tepat seperti waran
tanah dan langit yang diberi warna ungu
|
5
|
Firdan
|
Anak dalam pemberian warna masih
banyak yang kurang tepat dan kurang rapi karena tipikal anak yang
tergesa-gesa serta dalam teknik mewarnai juga masih kurang baik.
|
C Pada
anak usia SD (tes menulis)
NO
|
NAMA
|
Umur atau
kelas
|
PERTANYAAN 1
|
PERTANYAAN 2
|
PERTANYAAN 3
|
KETERANGAN
|
1
|
Fatma tri safira
|
10 / IV
|
Sudah mampu menuliskan dengan baik
tetapi kata yang ditulis terarah pada kegiata sehari-hari
|
Mampu mengurutkan gambar dan
menceritakan gambar dengan baik dan bahasa yang rinci
|
Mampu untuk berimajinasi menuliskan
puisi dengan judul kucingku
|
Anak sudah mampu menulis dengan baik
dengan pemahaman yang baik dengan rangsangan gambar atau ide dalam pembuatan
puisi
|
2
|
Ansor
|
9 / III
|
Sudah mampu menuliskan beberapa kata
dengan baik tetapi kata yang dituliskan juga terarah pada benda-benda dirumah
|
Mampu mengurutkan cerita dengan cukup
baik tetapi belum bisa menceritakan cerita tersebut dengan baik
|
Mampu mengekspresikan idenya dalam
menuliskan puisi dengan judul adikku
|
Anak sudah mampu menulis dengan baik
tetapi dalam pemahaman dia belum terlihat dengan baik
|
3
|
Ratna dwi astutik
|
12 / VI
|
Sudah mampu menuliskan beberapa kata
dengan baik dan mulai terarah pada kata-kata yang ada dilingkungan
|
Mampu mengurutkan gambar dengan baik
dan berbeda dengan pemikiran anak lainnya dan mampu menceritakan gambar
tersebut dengan baik dan bahasa yang runtut
|
Mampu mengekspresikan idenya dalam
puisi dengan baik
|
Anak sudah mampu menulis dengan baik
dengan pemahaman yang lebih baik pula
|
4
|
Aiska dwi fauziyah
|
10 / IV
|
Sudah mampu menuliskan kata dengan
baik meskipun kurang spesifik pada lingkungan
|
Mampu mengurutkan gambar dan cerita
dengan baik tetapi bahasa yang digunakan terlalu singkat
|
Mampu untuk berimajinasi menuliskan
puisi dengan judul ibu
|
Anak sudah mampu menulis dengan baik
meskipun masih kurang dalam pemahamannya
|
5
|
Nanda suci aulia
|
10 / IV
|
Sudah mampu menuliskan kata dengan
baik meskipun kurang spesifik pada lingkungan
|
Anak sudah mampu mengurutkan dan
ceritakanan gambar dengan baik dan bahasa yang baik pula
|
Sudah mampu menuangkan idenya dengan
menuliskan puisi yang berjudul rumahku
|
Anak sudah mampu menulis dengan baik
dengan pemahaman yang baik pula meskipun butuh lebih banyak arahan
|
KESIMPULAN
A
Kemampuan
menulis pada anak usia dasar (TK/SD)
Kemampuan menulis pada anak sebenarnya sudah di
mulai sejak usia dini (4-5 tahun) meskipun hanya berupa goresan dan coretan tak
terarah, tapi kemampuan menulis anak di ukur tidak hanya berdasarkan pada
keindahan atau kemampuan menulisnya saja, melainkan pemahaman anak dalam
menuliskan kata yang dia tulis. Pemahaman tersebut didapat secara bertahap
sesuai dengan pekembangan usianya. Pada anak usia TK (5-6 tahun) anak mulai
bisa menggunakan, memegang pensil dengan
benar, dia juga mulai memahami perintah dengan baik. Seperti dalam kegiatan
observasi yang telah dilakukan pada anak TK, anak mulai terarah dalam menulis
dan mulai memahami apa yang dia tulis misalnya anak disuruh menulis nama,
menebalkan huruf, dan mengurutkan huruf. Kebanyakan kemampuan menulis anak
dalam pemahaman dipengaruhi oleh kemampuan hafalannya karena anak hanya tahu nama
huruf tersebut tetapi sulit dalam mengurutkan hurufnya. Sedangkan pada anak SD
pemahamannya lebih meningkat tentang apa yang dia tulis, anak mulai memahami
dan bisa mengekspresikan apa yang ingin dia tulis, anak juga bisa mengamati dan
menceritakan kembali tentang gambar atau suara.
B
Perkembangan
motorik pada anank usia dasar (TK/SD)
Perkembangan motorik halus pada anak TK diukur
dengan menggunakan gambar untuk mereka warna. Mereka mulai bisa menyesuaikan
warna misalnya warna batang pohon dengan warna coklat, warna daun hijau, dll.
Meskipun terkadang dalam pemberian warna mereka juga kurang sesuai. Sedangkan
perkembangan motorik untuk anak SD terlihat dari cara pemahamannya, gerak
tubuhnya, dan pada anak usia SD perkembangan fisik serta pemahamannya lebih
meningkat salah satu yang dapat terlihat adalah dari kemampuan menulisnya yang
menunjukkan perkembangan motorik halusnya, selain itu dari gerak tubuhnya
seperti melompat, berlari, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar