Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan Pendidikan : MI Al-Yasini
Kelas / Semester : IV / 1
Topik :
التعرف با لنفس
الادوات المدرسة اصحاب المهنه
Muatan : Bahasa arab
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
4.1
mempraktikkan
bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa arab terkait topik topik :
التعرف با لنفس الادوات المدرسة اصحاب المهنه
4.2
menghafalkan
makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa arab terkait topik التعرف با لنفس
الادوات المدرسة اصحاب المهنه
4.3
memperagakan
kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik :
التعرف
با لنفس الادوات المدرسة اصحاب المهنه
C.
Indikator
1.
Mengenal
kosa kata dan kalimat terkait perkenalan diri, alat alat kantor, dan profesi
dalam bahasa arab
2.
Menyebutkan
kosata kata dan kalimat terkait perkenalan diri, alat alat kantor, dan profesi
dalam bahasa arab
3.
Melakukan
perkenalan diri dalam bahasa arab.
D.
Tujuan
1.
Mengenal
kosa kata dan kalimat terkait perkenalan diri, alat alat kantor, dan profesi
dalam bahasa arab
2.
Menyebutkan
kosata kata dan kalimat terkait perkenalan diri, alat alat kantor, dan profesi
dalam bahasa arab.
3.
Melakukan
perkenalan diri dalam bahasa arab.
E.
Metode
dan strategi
Metode : diskusi, penugasan
Strategi : sort card
F.
Alat
dan sumber belajar
Kartu, gambar yang sesuai, dan buku pegangan bahasa arab kelas 4 MI
G.
Langkah
langkah pembelajaran
Nama kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru
masuk kelas dengan mengucap salam
-
Guru
memeriksa kehadiran siswa
-
Guru
melakukan apersepsi untuk membimbing siswa pada materi yang akan dibahas
-
Guru
menyiapkan gambar atau kartu mengenai alat alat madrasah dan profesi
-
Guru
memberitahu kepada siswa mengenai topik materi yang akan dibahas
|
|
Inti
|
-
Guru
memberikan kosakata mengenai alat alat madrasah dan profesi dalam bahasa arab
-
Siswa
mengikuti Guru dalam melafalkan kosakata terkait dengan topik alat alat
madrasah dan profesi dalam bahasa arab
-
Guru
menggunakan kartu (sort card) yang berupa gambar untuk membantu siswa
menghafal
-
Setiap
siswa diharuskan menjawab kosa kata dari kartu atau gambar yang ditunjukkan
guru dengan bahasa arab
-
Guru
memberikan materi tentang perkenalan diri dalam bahasa arab kepada siswa
seperti :
“ismi...
“ ,“saya tinggal di.... “, “cita cita saya ...”
-
Guru
mencontohkan perkenalan diri dalam bahasa arab yang benar
-
Siswa
diminta maju satu persatu untuk melakukan perkenalan diri dalam bahasa arab.
-
Guru
memberikan apresiasi kepada siswa berupa pujian atau tepuk tangan.
-
|
|
Penutup
|
-
Guru
memberikan konfirmasi ulang kepada siswa mengenai materi
-
Guru
memberikan feed-back dengan menanyai siswa dengan menyebutkan benda sekitar
dalam bahasa arab
-
Guru
memberikan tugas kepada siswa berupa LKS siswa.
-
Guru
menutup kelas dengan salam.
|
H.
Penilaian
NO
|
INDIKATOR
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN
|
1
|
Mengenal kosa kata dan kalimat terkait perkenalan diri, alat alat
kantor, dan profesi dalam bahasa arab
|
Tes
|
Tes tulis
|
Butir soal tes tulis uraian
|
2
|
Menyebutkan kosata kata dan kalimat terkait perkenalan diri, alat
alat kantor, dan profesi dalam bahasa arab
|
Tes
|
Tes tulis
|
Butir soal tes tulis uraian
|
3
|
Melakukan perkenalan diri dalam bahasa arab.
|
Non tes
|
Performance
|
Rubrik penilaian
|
Penskoran
Indikator
|
Bentuk
|
Jumlah soal
|
Bobot soal
|
Mengenal kosa kata dan kalimat terkait perkenalan diri, alat alat
kantor, dan profesi dalam bahasa arab
|
Tes tulis uraian
|
1-5
|
10
|
Menyebutkan kosata kata dan kalimat terkait perkenalan diri, alat
alat kantor, dan profesi dalam bahasa arab
|
Tes tulis uraian
|
5-6
|
Nilai tes tulis uraian
|
Skor Maksimal
Rubrik
performance
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|||||||||||
Pelafalan
|
Kalimat
|
Performance
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
4.
|
|||||||||||||
5.
|
Kriteria
penilaian
Skor
|
Keterangan
|
1
|
Apabila siswa belum menunjukkan tanda tanda yang baik mengenai
penampilan, pelafalan dalam bahasa arab dan penggunaan kalimat yang benar
|
2
|
Apabila siswa sudah mulai terlihat menunjukkan penampilan yang
cukup baik, pemilihan kosa kata dalam kalimat dan pelafalan yang cukup benar
|
3
|
Apabila siswa mulai menunjukkan penampilan yang baik, pemilihan
kosa kata dalam kalimat dan pelafalan yang baik
|
4
|
Apabial siswa menunjukkan penampilan yang sangat baik, pemilihan
kosakata dalam kalimat serta pelafalan yang sangat baik.
|
Skor yang diperoleh x 100 =
Skor maksimal
Guru bahasa arab kelas IV
Rachmatul Amaliyah Eka Putri
Lampiran
1
Soal
uraian
احمد يعمل في المزرعة , هو
...........
ابو بكر التا جر , هو يدهب الي ...........
عاءيسة تتعلم في المدرسة , هي............
انا
اكتب بوساطة ...... في الدفتر
ما هو..............
فاتمة تريد ............
هات الجملة الاتية كما المثل !!!!
Do this hack to drop 2 lbs of fat in 8 hours
BalasHapusAt least 160 000 women and men are using a easy and secret "water hack" to drop 1-2lbs each night while they sleep.
It is scientific and it works every time.
Here's how you can do it yourself:
1) Hold a glass and fill it up with water half the way
2) Then follow this proven hack
you'll be 1-2lbs skinnier in the morning!