Rabu, 16 Desember 2015

RPP Qurdis kelas III materi hadis sholat berjamaah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : MI IBNU HUSAIN
Kelas / Semester          : III / Genap
Alokasi waktu             : 2 x 35 menit
Mata pelajaran             : Al- Qur’an hadist
A.    Standart Kompetensi
3. Membaca Hadis tentang salat berjama’ah
B.     Kompetensi Dasar
3.1 Menghafalkan hadist tentang salat berjama’ah
C.     Indikator
1.      Mengartikan makna hadist tentang sholat berjamaah
2.      Menghafalkan hadist tentang sholat jamaah
3.      Menjelaskan kandungan hadis tentang sholat berjamah
4.      Menjelaskan pengertian sholat berjamaah
D.    Tujuan
1.      Siswa mampu mengartikan makna hadist tentang sholat berjamaah
2.      Siswa mampu Menghafalkan hadist tentang sholat jamaah
3.      Siswa mampu menjelaskan kandungan hadis tentang sholat berjamaah
4.      Siswa mampu menjelaskan pengertian sholat berjamaah
E.     Metode dan strategi
Metode            : tanya jawab, ceramah
Strategi            : bermain index card match
F.      Alat / media dan bahan ajar
Buku Qurdist kelas 3, buku pegangan guru, buku relevan lainnya, spidol, karton, dll
G.    Langkah – langkah pembelajaran
Nama kegiatan
Langkah langkah
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru memasuki kelas dengan salam
2.      Salah satu siswa memimpin doa
3.      Guru mengabsen kehadiran siswa
4.      Guru memberikan apersepsi
·         Guru menunjukkan sebuah gambar pada siswa
·         Guru bertanya kepada siswa :
·         Gambar apa ini ?
·         Siapa yang pernah melakukan sholat berjamaah ?
·         Siapa yang sebenarnya memerintahkan kita untuk sholat berjamaah ?
5.      Guru memberikan tujuan pembelajaran
6.      Guru memulai pembelajaran

Kegiatan Inti
Eksplosrasi
1.      Guru memberikan ulasan materi tentang sholat berjamaah
2.      Siswa mengikuti guru membaca hadist secara berulang – ulang
3.      Guru menyimak siswa menghafalkan hadist secara berkelompok
4.      Guru menjelaskan kandungan dalam hadis tentang sholat berjamaah
5.      Siswa mencatat dibuku tulis
Elaborasi
6.      Siswa dibagi menjadi 3 kelompok besar
7.      Siswa diberi waktu untuk membaca buku paket tentang makna hadis sholat berjamaah
8.      Guru mengajak siswa bermain index card match dengan tujuan menghafal hadist serta maknanya
9.      Setiap kelompok harus menjawab makna kata yang cocok
Konfirmasi
10.  Siswa kembali diminta membaca hadist tentang sholat berjamaah
11.  Guru menjelaskan makna perawi hadist

Penutup
1.      Guru memberikan feed back dengan tanya jawab kepada siswa
2.      Siswa diminta untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini
3.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa
4.      Salah satu siswa memimpin doa
5.      Guru menutup kelas dengan salam


H.    Penilaian
Kisi kisi penilaian
NO
INDIKATOR
TEKNIK
BENTUK
INSTRUMEN
1
Mengartikan hadist tentang sholat berjamaah
Tes
Tes tulis uraian
Butir soal uraian
2
Menghafalkan hadist tentang sholat jamaah beserta artinya
Non tes
Performance
Rubrik penilaian
3
Menjelaskan kandungan hadis tentang sholat berjamaah
Tes
Tes tulis uraian
Butir soal uraian
4
Menjelaskan pengertian sholat berjamaah
Tes
Tes tulis uraian
Butir soal uraian

Penskoran
Indikator
Bentuk
Jumlah soal
Bobot soal
Mengartikan hadist tentang sholat berjamaah
Tes tulis uraian
1-10
10
Menjelaskan kandungan hadis tentang sholat berjamaah
Tes tulis uraian
1-5
10
Menyebutkan syarat menjadi imam
Tes tulis uraian
6-10
10

Nilai soal uraian                   
X  20 =
 
Skor yang Diperoleh                                      
X  10  =
 
 
Skor Maksimal                       
Rubrik mengahafal hadist
No
Nama Siswa
Kriteria
Kelancaran  
Pelafalan
Performance
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.       













2













2.       














NO
Kriteria
Sangat baik
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
1
Kelancaran
Jika semua bacaan sangat lancar
Jika terdapat 1-2 bacaan yang tidak lancar
Jika terdapat lebih dari 2 bacaan yang tidak lancar
Jika semua bacaan tidak lamcar
2
Pelafalan
Jika semua pelafalan benar
Jika terdapat 1-2 pelafalan yang kurang benar
Jika terdapat lebih dari 2 pelafalan yang kurang benar
Jika semua pelafalan kurang benar
3
Mengartikan
Jika semua kalimat yang diterjemahkan benar
Jika terdapat 1-2 kalimat yang diterjemahkan kurang benar
Jika terdapat lebih dari 2 kalimat yang diterjemahkan kurang benar
Jika semua kalimat yang diterjemahkan kurang benar

Mengetahui
Guru Qurdist kelas III

Rachmatul Amaliyah EP

Materi
a.       Hadist tentang sholat berjamaah
Artinya:
Dari Ibnu Umar, telah bersabda Rasulullah saw. “shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Muslim no. 1038)
b.      Kandungan hadist tentang sholat berjamaah
Ketahuilah, hukum melaksanakan shalat berjamaah adalah sunnah Muakad. Artinya, ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dan kedudukannya mendekati wajib.Rasulullah saw, pernah bersabda mengenai pentingnya shalat berjamaah. Dikatakan bahwa seorang muslim yang mendengar seruan adzan, tetapi tidak segera ke masjid untuk menunaikan shalat berjamaah maka rumahnya akan dibakar Rosulullah saw. Dengan demikian orang yang tidak ada udzur, lebih baik melaksanakan shalat berjamaah dimasjid. Arti kata jamaah sendiri menurut bahasa berarti kelompok. Menurut istilah, shalat jamaah adalah shalat yang dilakukan lebih dari satu orang dengan salah satu menjadi imam dan yang lain sebagai makmum. Jadi, shalat berjamaah boleh dilakukan dengan dua orang. Sholat berjama’ah dapat dilakukan dimasjid, musalla, dirumah, di rumah, di sekolah, di tempat manapun yang memenuhi syarat. Untuk memilih imam shalat berjamaah, rasulullah menjelaskan dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh imam ahmad dan imam muslim dari sahabat Uqbah bin Amr bahwa yang berhak dipilih menjadi imam adalah :
·         Orang yang baik qira’ahnya
·         Orang yang alim dalam agamanya.
·         Orang yang lebih dulu hijrahnya.
·         Orang yang lebih tua umurnya.
Rasulullah saw. Mengerjakan kepada kita bahwa shalat berjamaah mempunyai kedudukan yang lebih utama dibandingkan dengan shalat secara munfarid (sendirian). Keutamaan melaksanakan shalat berjamaah adalah sebagai berikut :
·         Shalat berjamaah memiliki kelebihan dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian.
·         Shalat berjamaah dapat menambah saling kenal antara satu dan yang lain.
·         Orang-orang yang tidak mengerti tentang shalat dapat belajar kepada orang yang alim.
·         Terwujudnya rasa cinta dan saling menolong diantara sesama muslim, pahalanya dilipat gandakan, serta kedudukannya bertambah dekat dengan Allah SWT. Manusia diciptakan oleh Allah swt. Semata-mata untuk beribadah kepada-Nya. Allah swt. Memerintahkan shalat, yaitu dalam rangka selalu mendekatkan diri menyembah kepada Allah swt. Setiap hamba yang taat kepada Allah swt harus selalu rajin melaksanakan shalat lima waktu.














Lembar Kerja Siswa
Nama               : ..................................................................
Kelas               : ..................................................................
No. Absen       : ..................................................................
1.      Rounded Rectangle: صلاة¬- عن- قال- تفضل – على – درجة – رسول الله – وسلم - الجماعة – صلى الله – الفذ – عليه – وعشرين – ابن – بسبع – عمر- صلاةSusunlah hadist dibawah ini menjadi hadist yang benar !




2.      Jelaskan makna dari hadis sholat berjamaah diatas !




3.      Jelaskan pengertian sholat berjamaah !






4.      Sebutkan syarat-syarat menjadi imam !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar