RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI
IBNU HUSAIN
Kelas / Semester :
III / Genap
Alokasi waktu : 2
x 35 menit
Mata pelajaran :
Al- Qur’an hadist
A.
Standart
Kompetensi
3. Membaca Hadis tentang salat berjama’ah
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menghafalkan hadist tentang salat berjama’ah
C.
Indikator
1.
Mengartikan
makna hadist tentang sholat berjamaah
2.
Menghafalkan
hadist tentang sholat jamaah
3.
Menjelaskan
kandungan hadis tentang sholat berjamah
4.
Menjelaskan
pengertian sholat berjamaah
D.
Tujuan
1.
Siswa
mampu mengartikan makna hadist tentang sholat berjamaah
2.
Siswa
mampu Menghafalkan hadist tentang sholat jamaah
3.
Siswa
mampu menjelaskan kandungan hadis tentang sholat berjamaah
4.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian sholat berjamaah
E.
Metode
dan strategi
Metode : tanya
jawab, ceramah
Strategi : bermain
index card match
F.
Alat
/ media dan bahan ajar
Buku Qurdist kelas 3, buku pegangan guru, buku relevan lainnya, spidol,
karton, dll
G.
Langkah
– langkah pembelajaran
Nama kegiatan
|
Langkah langkah
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
memasuki kelas dengan salam
2.
Salah
satu siswa memimpin doa
3.
Guru
mengabsen kehadiran siswa
4.
Guru
memberikan apersepsi
·
Guru
menunjukkan sebuah gambar pada siswa
·
Guru
bertanya kepada siswa :
·
Gambar
apa ini ?
·
Siapa
yang pernah melakukan sholat berjamaah ?
·
Siapa
yang sebenarnya memerintahkan kita untuk sholat berjamaah ?
5.
Guru
memberikan tujuan pembelajaran
6.
Guru
memulai pembelajaran
|
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplosrasi
1.
Guru
memberikan ulasan materi tentang sholat berjamaah
2.
Siswa
mengikuti guru membaca hadist secara berulang – ulang
3.
Guru
menyimak siswa menghafalkan hadist secara berkelompok
4.
Guru
menjelaskan kandungan dalam hadis tentang sholat berjamaah
5.
Siswa
mencatat dibuku tulis
Elaborasi
6.
Siswa
dibagi menjadi 3 kelompok besar
7.
Siswa
diberi waktu untuk membaca buku paket tentang makna hadis sholat berjamaah
8.
Guru
mengajak siswa bermain index card match dengan tujuan menghafal hadist serta
maknanya
9.
Setiap
kelompok harus menjawab makna kata yang cocok
Konfirmasi
10. Siswa kembali diminta membaca
hadist tentang sholat berjamaah
11. Guru menjelaskan makna perawi
hadist
|
|
Penutup
|
1.
Guru
memberikan feed back dengan tanya jawab kepada siswa
2.
Siswa
diminta untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini
3.
Guru
memberikan tugas rumah kepada siswa
4.
Salah
satu siswa memimpin doa
5.
Guru
menutup kelas dengan salam
|
|
H.
Penilaian
Kisi kisi penilaian
NO
|
INDIKATOR
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN
|
1
|
Mengartikan hadist tentang sholat berjamaah
|
Tes
|
Tes tulis uraian
|
Butir soal uraian
|
2
|
Menghafalkan hadist tentang sholat jamaah beserta artinya
|
Non tes
|
Performance
|
Rubrik penilaian
|
3
|
Menjelaskan kandungan hadis tentang sholat berjamaah
|
Tes
|
Tes tulis uraian
|
Butir soal uraian
|
4
|
Menjelaskan pengertian sholat berjamaah
|
Tes
|
Tes tulis uraian
|
Butir soal uraian
|
Penskoran
Indikator
|
Bentuk
|
Jumlah soal
|
Bobot soal
|
Mengartikan
hadist tentang sholat berjamaah
|
Tes tulis uraian
|
1-10
|
10
|
Menjelaskan
kandungan hadis tentang sholat berjamaah
|
Tes tulis uraian
|
1-5
|
10
|
Menyebutkan
syarat menjadi imam
|
Tes tulis uraian
|
6-10
|
10
|
Nilai soal uraian
|
|
Skor Maksimal
Rubrik mengahafal hadist
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
|
|||||||||||
Kelancaran
|
Pelafalan
|
Performance
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
Kriteria
|
Sangat baik
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
1
|
Kelancaran
|
Jika semua bacaan sangat lancar
|
Jika terdapat 1-2 bacaan yang tidak
lancar
|
Jika terdapat lebih dari 2 bacaan yang
tidak lancar
|
Jika semua bacaan tidak lamcar
|
2
|
Pelafalan
|
Jika semua pelafalan benar
|
Jika terdapat 1-2 pelafalan yang kurang
benar
|
Jika terdapat lebih dari 2 pelafalan
yang kurang benar
|
Jika semua pelafalan kurang benar
|
3
|
Mengartikan
|
Jika semua kalimat yang diterjemahkan
benar
|
Jika terdapat 1-2 kalimat yang
diterjemahkan kurang benar
|
Jika terdapat lebih dari 2 kalimat yang
diterjemahkan kurang benar
|
Jika semua kalimat yang diterjemahkan
kurang benar
|
Mengetahui
Guru Qurdist kelas III
Rachmatul
Amaliyah EP
Materi
a.
Hadist
tentang sholat berjamaah
Artinya:
Dari Ibnu Umar, telah bersabda Rasulullah saw. “shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Muslim no. 1038)
Dari Ibnu Umar, telah bersabda Rasulullah saw. “shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Muslim no. 1038)
b.
Kandungan
hadist tentang sholat berjamaah
Ketahuilah, hukum melaksanakan
shalat berjamaah adalah sunnah Muakad. Artinya, ibadah sunnah yang sangat
dianjurkan dan kedudukannya mendekati wajib.Rasulullah saw, pernah bersabda
mengenai pentingnya shalat berjamaah. Dikatakan bahwa seorang muslim yang
mendengar seruan adzan, tetapi tidak segera ke masjid untuk menunaikan shalat
berjamaah maka rumahnya akan dibakar Rosulullah saw. Dengan demikian orang yang
tidak ada udzur, lebih baik melaksanakan shalat berjamaah dimasjid. Arti kata
jamaah sendiri menurut bahasa berarti kelompok. Menurut istilah, shalat jamaah
adalah shalat yang dilakukan lebih dari satu orang dengan salah satu menjadi
imam dan yang lain sebagai makmum. Jadi, shalat berjamaah boleh dilakukan
dengan dua orang. Sholat berjama’ah dapat dilakukan dimasjid, musalla, dirumah,
di rumah, di sekolah, di tempat manapun yang memenuhi syarat. Untuk memilih
imam shalat berjamaah, rasulullah menjelaskan dalam hadisnya yang diriwayatkan
oleh imam ahmad dan imam muslim dari sahabat Uqbah bin Amr bahwa yang berhak
dipilih menjadi imam adalah :
·
Orang
yang baik qira’ahnya
·
Orang
yang alim dalam agamanya.
·
Orang
yang lebih dulu hijrahnya.
·
Orang
yang lebih tua umurnya.
Rasulullah saw.
Mengerjakan kepada kita bahwa shalat berjamaah mempunyai kedudukan yang lebih
utama dibandingkan dengan shalat secara munfarid (sendirian). Keutamaan
melaksanakan shalat berjamaah adalah sebagai berikut :
·
Shalat
berjamaah memiliki kelebihan dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian.
·
Shalat
berjamaah dapat menambah saling kenal antara satu dan yang lain.
·
Orang-orang
yang tidak mengerti tentang shalat dapat belajar kepada orang yang alim.
·
Terwujudnya
rasa cinta dan saling menolong diantara sesama muslim, pahalanya dilipat
gandakan, serta kedudukannya bertambah dekat dengan Allah SWT. Manusia
diciptakan oleh Allah swt. Semata-mata untuk beribadah kepada-Nya. Allah swt.
Memerintahkan shalat, yaitu dalam rangka selalu mendekatkan diri menyembah
kepada Allah swt. Setiap hamba yang taat kepada Allah swt harus selalu rajin
melaksanakan shalat lima waktu.
Lembar Kerja Siswa
Nama
:
..................................................................
Kelas
:
..................................................................
No.
Absen :
..................................................................
1.
Susunlah hadist dibawah ini menjadi
hadist yang benar !
2.
Jelaskan
makna dari hadis sholat berjamaah diatas !
3.
Jelaskan
pengertian sholat berjamaah !
4.
Sebutkan
syarat-syarat menjadi imam !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar